Logo jasa pbn seo site

Backlink Natural dan Tidak Natural Beserta Contohnya

Backlink Natural dan Tidak Natural Beserta Contohnya

Salah satu faktor yang dapat menentukan tingkat otoritas situs web adalah backlink natural. Sebelumnya, Anda mungkin sudah tidak asing dengan sebutan backlink. Yakni, tautan laman konten website Anda yang disematkan di artikel situs web lain.

Namun, apa yang dimaksud dengan backlink jenis natural? Di sisi lain, ada juga yang dinamakan backlink tidak natural atau unnatural. Apakah keduanya sama? Temukan jawaban yang lebih lengkap di ulasan berikut ini, ya.

Apa itu Backlink Natural dan Tidak Natural?

Secara sederhana, pengertian backlink natural adalah tautan balik yang dipasang tanpa diminta oleh pemilik situs web. Jelasnya, tautan tersebut secara cuma-cuma diberikan oleh pemilik blog lainnya karena berpendapat bahwa konten Anda punya kualitas tinggi.

Adapun yang dimaksud dengan backlink unnatural ialah tautan balik yang sengaja dipasang. Baik oleh diri Anda sendiri maupun menggunakan jasa orang lain.

Menurut sebagian besar orang, jenis backlink yang natural lebih sulit didapatkan dibandingkan dengan tipe kebalikannya. Kendati begitu, value-nya juga tinggi sehingga pengaruhnya pada perangkingan konten di Google terbilang besar.

Di sisi lain, jenis tautan balik yang tak jarang disebut backlink alami ini juga memiliki beberapa keunggulan. Di antara keunggulan tersebut, yang pertama adalah minimnya budget yang harus dikeluarkan untuk optimasi backlink.

Sementara itu, keunggulan yang kedua berkaitan dengan kemampuannya mempertahankan posisi halaman konten di search engine maupun results page. Tak jarang juga backlink natural dapat bertahan dari berbagai perubahan algoritma, misalnya ketika Google melakukan update mesin pencarian dan lain-lain.

5 Karakteristik Utama Backlink Natural

Setelah mengetahui pengertian jenis tautan balik alami dan tidak alami, pertanyaan terkait perbedaan diantaranya mungkin ada di benak Anda. Oleh sebab itu, di bawah ini akan diulas tiga karakteristik utama dari jenis backlink yang natural:

1. Ditanam oleh Orang Lain Tanpa Diminta

Salah satu gambaran yang diberikan Google tentang backlink terbaik yaitu ada tanpa disengaja. Jelasnya, orang lain yang secara cuma-cuma menanamkan tautan menuju situs web Anda tanpa diminta dapat membantu menaikkan otoritasnya.

2. Tidak Dilengkapi Parameter Pelacakan

Salah satu karakteristik adanya backlink yang mengarah ke situs Anda tanpa disengaja ialah tidak adanya fitur pelacakan. Hal ini dikarenakan, fitur tersebut biasanya terdapat di backlink yang dilengkapi iklan saja.

3. Tidak Ada Label Advertorial

Backlink tipe natural yang dipasang secara alami akan tampak seperti tulisan pada umumnya. Tertera di halaman konten tanpa adanya label advertorial. Bagian ini menjadi bagian yang paling membedakan antara backlink alami dan tidak alami.

4. Backlink Contextual atau Letaknya Ada dalam Artikel

Karakteristik selanjutnya mengenai backlink natural ialah letak atau keberadaannya. Jenis tautan balik yang punya sebutan lain organic traffic ini biasanya terdapat dalam konten langsung. Baik di tulisan maupun kolom gambar yang didapatkan dari internet.

Baca juga ini:  Rahasia Meningkatkan Traffic Website dengan Backlink 2023

Biasanya disebut dengan nama backlink contextual. Sementara itu, backlink yang sengaja dipasang umumnya ditaruh di antara paragraf konten sehingga tidak menyatu langsung dengan bahasan utamanya.

5. Tanpa Tag rel=”sponsored”

Istilah tag “rel=sponsored” merujuk pada kode yang dipasangkan dalam tautan balik hasil jual-beli. Jelasnya, tag ini hanya akan ditemukan dalam backlink tidak natural.

Dengan karakteristik ini, Google dapat lebih mudah membedakan mana backlink hasil pembelian maupun organik. Selain itu, situs web yang terdeteksi membeli backlink dalam jumlah tidak wajar akan dimasukkan ke kategori spammer. Selanjutnya, situs tersebut bisa jadi dikenakan hukuman, salah satunya di-banned selamanya.

Cara Mendapatkan Backlink Natural

Setelah mengetahui sekilas informasi mengenai backlink tidak natural yang dapat merugikan, tentunya Anda bakal lebih tertarik mendapatkan tautan balik natural. Namun, bagaimana cara agar bisa mendapatkan jenis backlink tersebut?

1. Tawarkan Value, Alih-Alih Meminta Backlinks

Untuk mendapatkan backlink secara alami, fokus utama yang perlu dilakukan adalah membangun kredibilitas situs web. Pastikan blog Anda memiliki keunikan dan nilai lebih baik dibandingkan website serupa.

Contohnya, Anda bisa membuat artikel dengan gaya bahasa lebih menarik dan bahasan informatif. Pastikan tidak copy paste serta utamakan bahasa yang sesuai dengan KBBI.

Dengan cara ini, informasi yang Anda buat bisa dijangkau oleh audiens di berbagai negara. Artikel tersebut juga berpeluang dijadikan acuan oleh orang lain yang akan membuat informasi serupa. Bukan tidak mungkin juga laman konten Anda dijadikan outbound link yang ditanam di artikelnya.

Untuk meningkatkan value situs web Anda secara signifikan, artikel sebaiknya diunggah dengan rutin. Baik itu seminggu sekali, sehari sekali, maupun lebih banyak dalam satu harinya. Tergantung kemampuan Anda.

2. Hadirkan Konten dengan Target Audiens Jelas 

Situs web yang dikelola dengan target audiens jelas umumnya lebih terkoordinir dalam hal kontennya. Contohnya, ada situs yang menyasar para perempuan sehingga membahas seputar kecantikan saja. 

Ada juga situs dengan target audiens utama para pria sehingga bahasan kontennya ialah teknologi saja. Di sisi lain, ada juga website yang menghadirkan keduanya untuk mendapatkan audiens tanpa batas.

Siapapun target audiens Anda, pastikan menghadirkan konten yang tepat untuk mereka. Dengan cara tersebut, audiens yang ditargetkan berpeluang masuk ke situs web Anda.

Terlebih lagi jika bahasan konten situs Anda dibuat lebih spesifik. Misalnya, hanya membahas seputar skincare untuk acne fighter. Supaya pembuatan konten terasa lebih mudah, sebaiknya temukan keahlian Anda di awal. Jadilah expert di satu bidang agar identitas website Anda juga lebih jelas.

Baca juga ini:  Siap-Siap Nangkring di Page One, Ini Dia Jasa Backlink Dofollow 2023

3. Terapkan Konsep 20/80

Konsep 20/80 dikemukakan oleh ahli SEO sekaligus digital marketing expert pemilik situs Ubersuggest, yakni Neil Patel. Adapun yang dimaksud dengan konsep ini ialah 20% fokus pada pembuatan artikel berkualitas. Sementara itu, 80% fokus untuk promosi.

Untuk diketahui, yang dimaksud dengan promosi di sini tidak selalu harus menggunakan iklan berbayar. Namun, Anda bisa membuat konten lain untuk mempromosikan situs web Anda. Kemudian, sebar di platform lainnya dengan gaya yang menarik. Seperti di media sosial hingga website lain yang terbuka untuk siapa saja.

4. Gunakan Skyscraper Technique

Teknik Skyscraper biasanya digunakan untuk memastikan konten yang Anda buat memiliki kualitas lebih baik dari kompetitor. Untuk pengelola blog baru, tak jarang Anda mungkin merasa pesimis bisa melampaui kompetitor senior.

Meskipun begitu, hal tersebut tidaklah mustahil. Apalagi jika memanfaatkan teknik skyscraper ini. Dalam cara kerjanya sendiri, diperlukan analisis terlebih dulu pada beberapa konten serupa yang menduduki posisi teratas di Google.

Selain itu, temukan juga hal-hal unik yang tidak dimiliki oleh tiap-tiapnya. Setelah itu, Anda bisa memanfaatkan poin-poin unik tersebut untuk dimasukkan ke dalam konten.

Jika Anda memiliki pemikiran yang kritis, sebaiknya gunakan juga bahasa sendiri dalam membuat konten. Jangan terpaku pada referensi. Yang terpenting adalah intinya sama dan informasi yang Anda bagikan sesuai dengan fakta. Dengan cara ini, orang-orang nantinya mungkin tertarik menjadikan konten Anda sebagai acuan dan memberikan backlink natural tanpa diminta.

5. Menulis untuk Website Lain

Cara yang kelima untuk mendapatkan tautan balik secara alami ini terbilang tricky. Sebab, jika Anda salah dalam penerapannya, backlink yang didapatkan bisa jadi tidak berguna apa-apa.

Kendati begitu, Anda tetap bisa mencobanya. Caranya, mulailah dengan mencari website ataupun blog yang memiliki kesamaan niche tetapi bukan kompetitor Anda. Misalnya, situs web yang membahas beberapa topik sekaligus.

Kemudian, buatkan artikel untuk situs tersebut dengan topik sesuai dengan niche website yang Anda kelola. Selanjutnya, tawarkan konten ke situs tersebut. Jangan lupa untuk menyisipkan tautan yang mengarah ke website Anda agar jadi backlink natural.

6. Berkolaborasi dengan Para Influencer

Jika Anda memiliki situs bisnis yang digunakan untuk menjual suatu produk, tak ada salahnya menggunakan layanan influencer. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan mereka untuk melakukan konferensi pers.

Dengan iklan cara ini, berbagai media akan secara sukarela membuat informasi yang menautkan nama situs web Anda. Meskipun tidak menggunakan link utuh, penerapan domain seperti “jasaahliseo.com” saja sudah cukup bermanfaat untuk Anda.

Baca juga ini:  Gak Punya Duit Buat Naikin DA Situs? Ini Daftar Backlink Gratis yang bisa kamu Coba!

Sebagai informasi, domain tersebut memang tidak mengarahkan langsung pada halaman website Anda. Namun, orang-orang bisa mengetahui situs web yang Anda miliki dan meningkatkan peluang adanya kunjungan baru.

7. Lakukan Diversifikasi Tipe Konten

Jika Anda memiliki tim yang siap untuk membuat berbagai konten dengan topik berbeda, sebaiknya lakukan diversifikasi. Dengan langkah yang membuat situs web Anda memiliki beragam informasi, trafiknya berpeluang jadi lebih tinggi.

Di sisi lain, orang-orang yang memiliki situs web khusus satu topik bisa jadi memilih konten di website Anda untuk dijadikan referensi. Lebih lanjut, Anda bisa mendapatkan backlink organik dari mereka.

Perbedaan Backlink Natural dengan Backlink Tidak Natural serta Contohnya

Sudah mengetahui informasi mengenai pengertian, karakteristik, dan cara mendapatkan backlink natural. Anda sebaiknya mengetahui juga seputar perbedaannya dengan backlink tidak natural.

Jika ditarik kesimpulan dari informasi di atas, bisa disebutkan adanya empat perbedaan antara backlink alami dan buatan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Backlink natural dapat dibuat secara mandiri tanpa mengeluarkan biaya, sistem mutual, ataupun memanfaatkan jasa influencer. 
  • Sementara itu, backlink tidak natural dibuat langsung oleh jasa pembuat backlink.
  • Posisi backlink alami biasanya di teks konten sementara tipe buatan dibuat di sembarang tempat.
  • Pada tautan balik organik, Anda juga tidak akan menemukan tag iklan. Berbeda dengan tautan yang dibuat oleh jasa backlink sebab dilengkapi rel=“sponsored”.
  • Terakhir, backlink yang dibuat tanpa menggunakan jasa khusus tidak memiliki parameter pelacakan. Sementara itu, tautan balik buatan dilengkapi fitur tersebut.

Untuk contohnya sendiri, salah satu backlink alami bisa berupa teks URL lengkap ataupun dijadikan anchor text. Sementara itu, tautan balik tidak natural umumnya berupa iklan langsung yang ditempatkan di tengah-tengah isi artikel. Namun, tautan tersebut tidak jadi bagian dari konten.

Yuk, Dapatkan Backlink Natural Sekarang!

Untuk diketahui, manfaat mendapatkan backlink natural jelas lebih banyak jika dibandingkan memanfaatkan backlink tidak natural. Di sisi lain, jika Anda memaksakan diri menggunakan backlink tidak natural, terdapat beberapa risiko yang cukup berarti. Sehingga perlu berhati-hati dalam penggunaannya.

Jika Anda ingin mendapatkan banyak backlink secara alami, kunci utamanya ialah menjadikan situs web kredibel. Kesulitan? Anda bisa menghubungi https://jasapbnseo.com/ untuk mendapatkan layanan meningkatkan kredibilitas situs.

Jasa PBN SEO ini telah berpengalaman dalam mengelola berbagai situs web. Menariknya, layanan yang bisa Anda dapatkan bukan hanya membuat konten untuk situs. Lebih dari itu, Anda juga bisa memesan jasa backlink, desain web, dan lain sebagainya. Hubungi sekarang untuk informasi lebih lanjut!

 

Kartika Gantari

Kartika Gantari adalah seorang copywriter berpengalaman dengan kemampuan menulis persuasif yang luar biasa. Lebih dari 3 tahun menjadi copywriter di berbagai media dan website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About us

Kami adalah Agensi Digital Marketing yang berfokus pada SEO, Backlink, Aged domain ADS, dan Pembuatan Website.

Gratis! Analisa dan Audit Website Bisnis Anda