Logo jasa pbn seo site

Cara Menggunakan Backlink untuk Website Bisnis Anda

Meski bisa dikatakan sederhana, cara menggunakan backlink untuk mengoptimalkan performa situs web Anda nyatanya cukup kompleks. Anda harus mencatat langkah-langkahnya dan menerapkan strategi tersebut secara konsisten.

Lantas bagaimana cara untuk menggunakan backlink yang bagus bagi situs bisnis? Anda dapat menemukan jawabannya di ulasan berikut ini.

Apa itu Backlink?

Secara harfiah, backlink memiliki arti tautan balik. Sementara itu, makna jelas kata backlink adalah tautan yang mengarah ke suatu website dan ditempatkan dalam konten milik situs lainnya.

Backlink juga tak jarang disebut inbound link, yakni tautan yang masuk ke website Anda. Tautan tersebut dapat menghubungkan suatu halaman dengan halaman lainnya. Sederhananya, orang-orang yang membaca satu laman berisi tautan balik ke situs Anda berpeluang memberikan trafik. Cara kerjanya dengan meng-klik tautan tersebut dan masuk ke situs web Anda.

Mengapa Backlink Penting untuk Situs Web Bisnis?

Strategi menanam backlink sangat penting untuk perkembangan suatu website. Baik pengirim maupun penerima. Meskipun beberapa ahli SEO (search engine optimization) mulai mengenyampingkan pentingnya teknik ini. Faktanya, manfaat eksistensi tautan balik tetap bisa dirasakan.

Manfaat tersebut merupakan alasan mengapa backlink jadi penting untuk website. Di antaranya, keberadaan link ini bisa memberikan sinyal pada Google bahwa halaman konten Anda punya kualitas tinggi. Dengan demikian, situs web Anda punya peluang tinggi di-indeks Google.

Selain itu, keberadaan tautan yang merujuk pada website Anda di situs terpercaya juga bisa meningkatkan otoritas. Contohnya saja, inbound link dibangun di website seperti Kompas dan Liputan6. 

Otomatis orang-orang tidak akan ragu dengan kredibilitas link tersebut. Serupa dengan itu, mesin penelusur juga bakal memberikan perhatian lebih sehingga situs Anda berpeluang naik peringkat di SERP.

Cara Menggunakan Backlink di Situs Web Bisnis

Adapun cara menggunakan backlink untuk situs bisnis tak ada bedanya seperti website lain. Anda bisa awali dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Dimulai dengan memastikan situs web siap ditanami backlink hingga senantiasa memantau kinerjanya untuk proses evaluasi dan perbaikan.

1. Siapkan Situs Web dengan Niche Jelas

Langkah pertama ini dilakukan bukan semata-mata memastikan backlink dapat bekerja dengan baik untuk mengoptimalkan SEO situs web yang. Namun, menyiapkan situs web dengan niche atau tema jelas dapat menunjukkan kualitasnya.

Tak hanya sampai di situ, niche yang jelas juga dapat memudahkan Anda dalam membuat konten-konten lainnya. Sebab, niche berperan layaknya konsep atau fokus tentang situs web Anda. Sebagai informasi, beberapa contoh topik situs web diantaranya, teknologi, otomotif, lifestyle, kecantikan, hingga berita.

2. Tingkatkan Otoritas Situs Web

Langkah kedua adalah meningkatkan otoritas situs. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk ini, satu di antaranya adalah memperbaiki broken link. Contoh-contohnya adalah halaman dengan kode 301, 404, 500, dan lain sebagainya.

Baca juga ini:  Cara Membuat Backlink Agar Dofollow! Mudah dan Cepat untuk Pemula

Laman-laman yang memiliki kode tersebut dapat menurunkan otoritas situs web Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memperbaikinya guna memastikan situs tetap dianggap berkualitas.

Adapun cara memperbaiki broken link terbilang banyak. Mulai dari mengisinya dengan tautan ke halaman yang benar hingga membuatnya sebagai halaman spesial. Namun sebelum itu, Anda perlu menemukan laman rusak tersebut. Beberapa alat yang bisa digunakan untuk mencari laman rusak adalah Screaming Frog SEO Spider, Ahrefs, dan Siteliner.

3. Tentukan Tujuan Pembuatan Backlink

Jika situs web dipastikan sudah memiliki otoritas, selanjutnya rancang strategi mendapatkan backlink. Setidaknya ada dua cara mudah agar situs web mendapat tautan balik. Pertama, Anda bisa meminta orang lain mengirimnya dengan cara barter link ataupun membeli dari jasa terpercaya. Kedua, tautan balik bisa didapatkan dengan menanam sendiri di forum online terbuka.

Namun, penting untuk memastikan tujuan Anda mendapatkan tautan balik terlebih dulu. Untuk situs bisnis, tujuan utama yang perlu diprioritaskan adalah naik tingkat otoritas dan peringkat SEO.

4. Hadirkan Konten Berkualitas untuk Investasi Masa Depan Website

Guna memastikan situs web punya performa baik dalam jangka panjang, konten yang berkualitas perlu dihadirkan. Cara ini bisa dikatakan sebagai investasi, terlebih jika konten selalu dibutuhkan informasinya oleh masyarakat. Contohnya, konten cara memasak suatu olahan.

Jika situs web Anda sudah dikunjungi banyak orang, hal ini juga dapat menarik perhatian pemilik website lainnya. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin mereka akan mengirimkan backlink dengan sukarela.

5. Pilih Sumber Backlink Berkualitas

Selain konten, cara menggunakan backlink agar berfungsi optimal untuk meningkatkan performa situs Anda adalah memilih sumbernya yang berkualitas. Adapun yang dimaksud sumber berkualitas bukan hanya situs-situs besar dan punya otoritas tinggi. Namun, blogger dengan jangkauan yang terbilang masih minim juga bisa termasuk berkualitas.

Dengan catatan, situs blogger tersebut memiliki konten-konten yang bagus dan tidak terdeteksi adanya hal terlarang. Seperti konten judi, jual beli obat terlarang, ataupun link penipuan.

6. Remove Backlink dari Situs Terlarang dan Tak Berkualitas

Selain melakukan filter di awal, Anda juga bisa mengecek secara berkala situs-situs yang mengirimkan tautan balik. Jika terdeteksi adanya link dari situs terlarang, dianjurkan untuk segera menghilangkannya.

Konten ataupun situs lain yang harus di-remove backlink-nya adalah laman dengan outbound link lebih dari 25. Kemudian, keberadaan link yang menuju ke situs Anda disatukan dengan tautan ke konten tak relevan. Misalnya, jika situs Anda mengulas seputar teknologi sementara outbound link lain di laman backlink ada yang tertuju ke website togel.

Baca juga ini:  3 Rekomendasi Kursus Seo Terbaik 2023!

Situs tak berkualitas lain yang mesti di-remove apabila mengirimkan backlink ke website Anda yakni memiliki konten sekitar 300 kata-an saja. Algoritma Google kurang menyukai konten tersebut sehingga dapat mempengaruhi kualitas situs web Anda sehingga jadi menurun. 

7. Gunakan Anchor Text yang Relevan

Anchor text bisa menjadi cara menggunakan backlink berikutnya. Metode ini dapat difungsikan jika Anda ingin membangun tautan tersebut secara mandiri di forum terbuka. Seperti situs IDN Times, Kompasiana, dan lain sebagainya.

Supaya manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal, pastikan menaruh tautan di anchor text yang relevan dengan inti konten. Langkah ini penting dilakukan guna memastikan mesin pencari maupun audiens dapat memahami konteks tautan tersebut. Dengan demikian, kemungkinan pembaca mengeklik tautan tersebut pun dipastikan lebih besar.

8. Hindari Over Optimization

Mengingat manfaat backlink yang dapat meningkatkan otoritas situs web, hemat Anda mungkin makin banyak jumlahnya maka bakal lebih baik. Hal tersebut tidak salah, tetapi tautan balik dengan jumlah over juga bisa menimbulkan masalah.

Terlebih jika Anda mendapatkan tautan balik tersebut secara instan dari jasa penyedia backlink. Supaya tetap terkesan alami sehingga Google tidak mendeteksi adanya masalah di situs Anda, sebaiknya jadwalkan proses penanaman link ini. Misalnya, Anda bisa membeli setiap 3 bulan sekali dengan nominal berbeda-beda. 

9. Rancang Strategi untuk Mendapatkan Backlink dari Website Terpercaya

Bagaimanapun juga, backlink yang paling bermanfaat berasal dari situs web terpercaya. Kendati begitu, tautan tersebut tidak bisa didapatkan dengan mudah. Oleh karena itu, Anda harus merancang strategi khusus agar bisa mendapatkan tautan balik tersebut secara sukarela.

Selain merancang strategi khusus, Anda juga bisa memeriksa kualitas website pengirim backlink dengan menggunakan SEMRush. Jika situs terpercaya mengirimkan tautan ke website lain yang bagus, Anda bisa mempertahankannya. Sebaliknya, situs yang terdeteksi mengirim tautan ke website tidak kredibel, sebaiknya segera dihapus.

10. Cek Penempatan Backlink dalam Konten

Agar situs web Anda memiliki kualitas baik dari berbagai segi, pastikan penempatan backlink-nya dapat memberikan performa maksimal. Secara umum, orang-orang biasa menaruh tautan ini di body konten.

Meskipun begitu, beberapa blogger tak jarang menaruhnya di sidebar hingga footer. Backlink yang ditaruh di posisi tersebut dapat memberikan fungsi optimal tetapi resikonya tergolong lebih besar. Oleh karena itu, pastikan melakukan analisis mendalam untuk setiap inbound link yang dikirim website lain.

Baca juga ini:  Apa itu Backlink: Pengertian, Jenis backlink, Kualitas Backlink

11. Amati Strategi Kompetitor dalam Membangun Backlink

Situs web kompetitor Anda tak sedikit yang memiliki strategi khusus dalam mendapatkan tautan balik. Anda bisa mencari tau hal itu agar cara menggunakan backlink yang diterapkan bisa memberikan manfaat maksimal.

Adapun salah satu cara mengetahui taktik kompetitor adalah mengamati strategi marketing-nya. Anda juga bisa mencari website dengan niche apa saja yang mengirimkan tautan balik ke situs tersebut.

12. Selalu Pantau Kinerja Backlink

Yang tak kalah penting dalam penerapan backlink agar bisa memberikan manfaat maksimal ialah memantau kinerjanya. Sebagai informasi, pemantauan kinerjanya bisa dilakukan dengan memanfaatkan tools online. Seperti Google Search Console dan Ahrefs yang sama-sama efektif melihat data backlink yang mampu meningkatkan peringkat dan traffic referral.

Siap Menjalankan Cara Menggunakan Backlink?

Setelah mengetahui beberapa teknik di atas, sudah siap mempraktikkan cara menggunakan backlink? Jika belum, Anda bisa menyimak kesimpulannya.

Pada dasarnya, tautan balik yang menjadikan situs bisnis meningkat otoritasnya bisa didapatkan dengan fokus pada kualitasnya. Hindari terlalu obsesi mendapatkan banyak tautan balik, baik secara alami maupun memanfaatkan jasa orang lain.

Selain itu, pastikan backlink dibangun dengan memperhatikan dua hal, yaitu otoritas situs dan relevansinya. Adapun yang dimaksud dengan relevansi mengacu pada kesamaan niche website Anda dan kesesuaian teks tautan.

Yang tak kalah penting dilakukan adalah menghindari penggunaan jasa backlink dengan teknik black hat. Pasalnya, cara menggunakan Jasa backlink dengan teknik tersebut dapat menggiring situs web Anda ke dalam masalah. Puncaknya, Google mungkin melakukan banned situs yang Anda kelola karena cara terlarang tadi.

Supaya backlink yang Anda dapatkan tetap aman, sebaiknya dapatkan dengan cara alami. Sebelum itu, Anda juga perlu membangun situs web hingga memiliki otoritas tinggi. Untuk ini, Anda perlu memastikan peringkat SEO selalu baik.

Gunakan Jasa SEO Murah jika membutuhkan bantuan untuk meningkatkan peringkat situs web Anda. Layanan dari jasa ini memastikan tiap teknik yang dilakukan berpegang pada pedoman yang etis dan sah. Termasuk ketika menjalankan strategi membangun backlink. Beberapa cara yang umum dilakukan jasa ini adalah membuat konten relevan dan berkualitas di situs web Anda maupun di blog terbuka.

Untuk mendapatkan layanan Jasa PBN SEO, kunjungi https://jasapbnseo.com/ . Anda bisa berkonsultasi langsung dengan customer care secara gratis dengan menghubungi kontak yang tertera. 

Ini merupakan penyedia jasa rekomendasi terbaik yang telah membuktikan kinerjanya. Melalui teknik optimasi yang tepat sesuai kebutuhan situs Anda, maka dipastikan otoritas dan kredibilitas situs bisa meningkat.

Kartika Gantari

Kartika Gantari adalah seorang copywriter berpengalaman dengan kemampuan menulis persuasif yang luar biasa. Lebih dari 3 tahun menjadi copywriter di berbagai media dan website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About us

Kami adalah Agensi Digital Marketing yang berfokus pada SEO, Backlink, Aged domain ADS, dan Pembuatan Website.

Gratis! Analisa dan Audit Website Bisnis Anda